Buku ini merupakan refleksi atas konsep penulis tentang pelatihan micro teaching. Buku ini juga memuat sebagian dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang pelatihan micro teaching. Semua materi tersusun secara sistematis dalam buku ini dengan didukung oleh sumber-sumber referensi yang berkualitas.
Penulis yang merupakan akademisi di bidang pendidikan merasa aspek pelatihan micro teaching selama ini belum banyak yang menyentuhnya dari segi kajian ilmiah. Micro Teaching merupakan tahapan penting bukan sekedar harus dilalui, tapi juga merupakan fase dimana mahasiswa calon guru memperoleh pelatihan yang konkret tentang wawasan, pengetahuan, dan keterampilan mengajar. Buku ini bisa menjadi satu rujukan yang berharga khususnya bagi para akademisi di bidang pendidikan untuk memberikan pelatihan micro teaching yang lebih berkualitas kepada para mahasiswa dan calon guru sehingga nanti pada akhirnya mereka akan menjadi guru dengan bekal keterampilan yang memadai saat tiba waktunya terjun ke lapangan menjadi seorang guru.