Mudah Mengelola Perpustakaan Sekolah

Kategori: Pendidikan

Merk: Oase Pustaka

Rp. 66.000

Hanya Tersisa: 10 lagi Tersedia Tersedia

Order Via Whatsapp

lhamdulillaahirabbil'aalamiin (segala pujian hanya bagi Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan seluruh alam) penulis ucapkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada-Nya atas rahmat dan karunia yang yang
diberikan kepada penulis serta keluarga, sehingga penulisan buku dengan judul “Mudah Mengelola Perpustakaan Sekolah” ini dapat diselesaikan dengan baik. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihiwasalam, keluarga, sahabat, semua orang yang berjalan di jalan yang lurus dan yang menyerukan kebaikan sampai akhir zaman.
Ketika mendengar kata “perpustakaan”, bagi yang pernah masuk perpustakaan pasti akan terbayang di benaknya jejeran rak - rak yang dipenuhi dengan buku - buku. Orang yang datang di perpustakaan setidaknya memiliki kepentingan untuk memperoleh manfaat dari perpustakaan itu melalui kegiatan membaca buku, meminjam buku atau bahan pustaka lainnya. Bagi orang yang masuk di perpustakaan yang manajemen pengelolaan perpustakaannya baik, pasti akan memiliki pengalaman yang baik di perpustakaan tersebut. Pelayanan yang baik dari tenaga perpustakaan, kemudahan pencarian bahan pustaka, kenyamanan beraktivitas di perpustakaan, dan lain - lain. Namun sebaliknya, perpustakaan yang tidak memiliki manajemen pengelolaan yang baik, orang akan berpikir dua kali untuk datang kembali.
Sebagai orang yang tidak mengetahui seluk beluk pengelolaan perpustakaan, mungkin kita beranggapan bahwa mengelola perpustakaan sekolah adalah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan utamanya hanyalah mengatur dan menata buku di rak - rak buku atau lemari. Anggapan seperti ini adalah anggapan yang keliru. Tenaga perpustakaan sekolah harus memiliki kompetensi khusus mengenai manajemen perpustakaan agar dapat menata dan mengatur buku dengan baik di rak atau lemari. Sebuah buku akan mendapatkan rangkaian perlakuan pengolahan secara cermat dari tenaga perpustakaan untuk sampai di rak - rak buku. Pengetahuan dan kemampuan tenaga perpustakaan dalam mengolah buku atau bahan pustaka lainnya itu turut menentukan kualitas layanan perpustakaan.
Buku ini kami susun sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan kami dan panduan praktis mengelola perpustakaan sekolah dengan baik. Berdasarkan teori - teori tentang manajemen perpustakaan sekolah, serta pengalaman kami sebagai guru yang ditugaskan menjadi kepala perpustakaan sekolah/tenaga perpustakaan sekolah, kami berusaha menjabarkan pengelolaan perpustakaan sekolah secara sederhana namun rinci, sehingga mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya khususnya tenaga perpustakaan sekolah. Pengolahan bahan pustaka kami uraikan secara berurutan, mulai dari tahap inventarisasi
sampai penataannya di rak penyimpanan atau pajangan. Setiap tahapan pengolahan bahan pustaka tersebut kami sertai dengan contoh - contoh praktis berupa tabel, gambar dan grafik, sehingga dapat menjadi acuan/perbandingan, digunakan secara langsung ataupun diadaptasi oleh tenaga perpustakaan di sekolah. Hal inilah yang mungkin menjadi pembeda buku ini dengan buku - buku lain yang sama - sama membahas tentang pengelolaan perpustakaan sekolah.
Penyusunan buku ini juga didorong oleh keprihatinan penulis terhadap kondisi perpustakaan dan tenaga perpustakaan yang ada, khususnya di daerah kami. Banyak perpustakaan sekolah, terutama di jenjang Pendidikan Dasar yang tidak dikelola dengan baik. Hal ini diakibatkan oleh tenaga perpustakaannya yang tidak mengetahui manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah. Literatur tentang manajemen perpustakaan sekolah yang sulit diperoleh dan kurangnya pelatihan tentang perpustakaan sekolah bagi tenaga perpustakaan menjadi penyebab utamanya. Kalaupun ada buku yang mengulas tentang manajemen perpustakaan sekolah, penjelasannya sangat luas dan terlalu teoritis, sehingga sulit dipahami atau diterapkan. Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga perpustakaan di sekolah. Dengan membaca buku ini, orang yang tidak tahu sama sekali tentang perpustakaan, insyaallah akan mengetahui tugas -tugasnya di perpustakaan sekolah. Dia akan tahu apa, bagaimana, dan mulai dari kegiatan apa di perpustakaan sekolah.