Buku ini penulis susun berdasarkan pengalaman saat menggunakan teknologi dalam mengelola perpustakaan sekolah. Sistem otomasi perpustakaan yang penulis terapkan menggunakan program Senayan Library Management System (SLiMS). SLiMS merupakan aplikasi perpustakaan yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu, proses pemasangan dan operasionalnya juga sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja.
Penyusunan buku ini juga didorong oleh keprihatinan penulis terhadap kondisi perpustakaan dan tenaga perpustakaan yang ada, khususnya di daerah penulis. Banyak perpustakaan sekolah, terutama di jenjang Pendidikan Dasar yang tidak dikelola dengan baik. Ironisnya, di tengah arus perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi saat ini, baru perpustakaan di sekolah penulis yang menerapkan sistem otomasi perpustakaan, selebihnya masih manual.
Buku ini penulis harapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga perpustakaan di sekolah khususnya bagi yang ingin meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Dengan membaca buku ini, orang yang tidak tahu sama sekali tentang sistem otomasi perpustakaan sekolah, insyaallah akan dapat memahaminya serta dapat menerapkannya secara langsung.