Pendidikan karakter dibutuhkan peserta didik untuk membentuk pribadi yang baik, bijaksana, jujur, bertanggung jawab dan bisa menghormati orang lain. Pendidikan karakter dilaksanakan secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.
Pemerintah telah menerbitkan Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas. Nilai-nilai ini ingin ditanamkan dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami, dan diterapkan di seluruh sendi kehidupan di sekolah dan masyarakat. Hal ini menuntut lembaga pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik secara keilmuan dan kepribadian, berupa individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual dan keilmuan.
Kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam dalam penguatan pendidikan karakter siswa aspek peduli lingkungan melalui pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan menyasar para guru sebagai pamong keteladanan. Kegiatan tersebut bertujuan membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup sehat pada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif) dan terpadu (integratif) melalui program pendidikan dan penyuluhan kesehatan. UKS diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain.
Gambaran kondisi awal, proses hingga kondisi akhir upaya kepala sekolah mengembangkan kemampuan guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa aspek peduli lingkungan melalui pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah selengkapnya dapat Anda gali dalam buku yang menarik ini sebagai bagian dari best practice yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah.