Guru menjadi kunci hadirnya kualitas yang baik pada bidang pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis lingkungan sekolah di sekolah adalah dengan mengadakan supervisi pendidikan tentang pembelajaran inovatif model lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Lingkungan merupakan sumber belajar yang kaya dan menarik untuk siswa. Lingkungan bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa baik lingkungan, nuansa, alat, bahan-bahan lain bisa berfungsi sebagai sumber belajar. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mengarahkan anak pada peristiwa atau keadaan yang sebenarnya sehingga lebih nyata, faktual dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.
Kenyataanya guru jarang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Lingkungan sekolah lebih sering digunakan sebagai tempat bermain-main siswa pada saat istirahat. Guru kadang hanya dua hingga tiga kali dalam memanfaatkan lingkungan sekolah setiap semesternya. Guru lebih sering menyajikan pelajaran di dalam kelas walaupun materi yang disajikan berkaitan dengan lingkungan sekolah.
Guna mengatasi hal tersebut perlu adanya peningkatan kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis lingkungan sekolah melalui supervisi akademik. Supervisi pendidikan atau yang lebih dikenal dengan pengawasan pendidikan memiliki konsep dasar yang saling berhubungan.
Lantas bagaimana kegiatan perencanaan hingga pemberian umpan balik atas pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan Kepala Sekolah? Bagaimana dampak supervisi akademik terhadap peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis lingkungan sekolah? Selengkapnya dapat dibaca dalam buku yang sangat berguna ini. Selamat membaca.